Minggu, 17 Juli 2011

Go-26 '11, Tina & Marlies, Belgium

Haloo semuanyaaaaa! ^^



Saya lagi pengen berbagi cerita lagi nih. Mereka itu namanya Tina sama Marlies. Jadi mereka itu sebenernya para pelancong yang ikutan group Joker (sebuah travel agency populer di Belgia), dan lebih spesifiknya di program yang Go - 26 (cuma orang2 berusia di bawah 26 taon aja yang boleh gabung ma mereka). Nah mereka punya waktu 3 minggu di Indonesia dan cuma beberapa hari aja di Jogja Istimewa ini. Terus nih mereka ikutan tour yang namanya homestay tour buat bisa ngerasain kehidupan warga lokal gitu, dan tentu saja yang diinepin ya sapa lagi kalo bukan para freelance guide nya viavia. Dan ini adalah kedua kalinya saya bawa homestay tour dari Go - 26, yang sebelumnya yang 2 taon lalu.. :)


Jadi pada prinsip nya mereka ikutan tour ini buat tau sisi lain kehidupan orang lokal yang pastinya gak bisa mereka lihat kalo mereka cuma ngunjungin tempat-tempat turistik aja, kaya misal ke candi, ke kraton, dll gitu.. Jadi tugas saya di sini lebih mengenalkan mereka ke core of the culture, ga boleh ada touristic things disini.. 


Karena durasi tour ini adalah minimal 24 jam, jadi saya harus mikir juga mo diajakin ngapain ajah ni dua bule.. Akhrinya d bantu dengan MIMI, terciptalah itinerary nya... hahahaaa... 

Pertama, karena saya jemput mereka nya udah sore gitu, saya dan mimi ajakin mereka ke Maskam UGM, yang di jelasin ya tentu ttg kehidupan Muslim di sini, kalo muslim Indonesia itu tidak se fanatik muslim di timur tengah.. jelasin juga tentang kehidupan anak-anak TPA di sore hari  karena kebetulan pas ada banyak anak kecil ngaji disana.. nyinggung juga tentang kehidupan mahasiswa Jogja yang aktif di organisasi muslim kampus.. dan yang jelas mereka pengen nyoba wudhu n sholat juga.. 


Kedua, sebelum pulang ke rumah saya, tuh dua orang bule kita ajakin ke dagadu.. bukan buat belanja ko! sama sekali bukan.. jadi kan emang saya dan mimi adalah gardep nya dagadu, jadi kita pengen kenalin sisi lain kehidupan pelajar Jogja yang yang juga merupakan pelajar pekerja.. kita ceritain gimana antusiasme mahasiswa jogja yang pengen jadi gardep tiap rekrutmen nya.. dan kenapa mereka pengen jadi gardep.. yaaa begitulah kira-kira.. 


Terus habis ntu kita pulang deh ke rumah saya.. mandi, bersih-bersih dulu, maghrib dulu, sambil mereka juga istirahat dulu... Nah habis itu kita dinner ke tempat nongkrong nya anak muda (katanya..) hehe.. kita ajakin mereka ke Ram*nten.. pas sampe ternyata waiting roomnya udah banyak orang gitu.. kita ngantri deh walopun untungnya gak lama juga.. tapi mereka, terutama si Tina nih terheran-heran kenapa di restoran sampe ada ruang tunggu nya segala.. langsung deh dia poto-potoin tuh ruang tunggu.. Bis nunggu ga sekitar hampir 10 menit an, kita dapet tempat deh.. dan berkat rekomendasi mimi, mereka akhirnya pesen kupat tahu n minuman rempah-rempah gitu... dan pas dateng ternyata menu nya jumbo banget! hahaa.. akhirnya saya dan mimi suruh bantuin makan juga...  Tapi mereka bilang mereka suka banget sama suasana di situ.. Baguslaaah.. ^^


Habis selese makan, sebenernya kita mau pulang.. tapi akhirnya saya ajakin dulu mereka ke landmark nya Jogja.. Mana lagi kalo bukan Tugu Jogja! ^^ Hmm,, saya bilang gini.. kalo orang-orang di sini percya kalo kalian pernah nyentuh tugu Jogja, akan ada sesuatu hal yang akan membawa kalian balik lagi kesini suatu saat nanti! hehehee.... emang gitu kan ya mitosnya? Yaudah akhirnya mereka mau banget deh saya ajakin ke Tugu.. :) Dan masa nih ya, waktu mau foto, mereka tuh nyuruh saya ma mimi naik satu tingkat di atas merekaaa... huhuuuu.. iya-iya tau ko alasannya apaaa... (--")


Bis itu pulang deeeeeeh.... tak kirain sampe rumah terus mau tidur gitu... eeeeeeeh tau nya mereka nagih mau liat buku les bahasa Belanda sayaaa.. (udah ga enak feeling nih..) Dan bener aja, bis itu mereka nge tes saya habis-habisan.. berdasarkan apa yang udah saya pelajari sih.. Bener-bener udah kaya ujian ma native gitu.. tapi asyik juga sih, emang kalo belajar ma native tuh lebih paham deh.. hehe,, makasih ya udah pada nyempetin ngajarin saya bahasa kompeni malem-malem gitu.. 

okay, dan hari itu pun berakhir..

Besok paginya bangun pagi-pagi terus saya ajakin mereka ke Pasar Kolombo sama ibu juga.. Belanja sayur-sayuran, buah-buahan, dll.. mereka suka heran gitu kalo liat apa-apa.. mungkin akan sama aja kaya katrok nya kita kalo lagi di luar negri gitu yaaa... mereka tuh liat orang marut kelapa aja heran, liat ikan asin aja heran, liat pisang yang macem-macem aja heran.. hehee... jadi seneng deh kalo pas liat mereka suka heran gitu.. hihihiiii.... Nah pas udah selese belanjanya, saya liat ada yang jualan jamu, langsung deh saya suruh mereka ngicipin kunir asem.. tapi si ibu yang jualan nih jail juga, masa mereka suruh ngicipin jamu yang dari sirih.. hahahaa... tapi cm dikit sih... dan jadi nya saya juga harus bertanggung jawab jelasin ke mereka manfaat masing-masing jamu nya.. (padahal bawa jamu trip aja ga pernah kalo di via2 --")


Bis belanja, kita pulang.. dan kita bareng-bareng bantuin ibu masak di rumah.. bis sarapan, mereka bilang kalo mereka capek banget gitu.. yaudah saya suruh mereka istirahat dulu bentar di kamar, dan nanti rada siangan mereka mau saya ajak ke nikahan anaknya temennya ibu.. mereka girang bgt setiap bicarain yang satu ini (soalnya saya dah bilang dari kemaren..). Eh, sebelum mereka istirahat mereka fitting baju dulu dink.. secara mau pake baju siapa lagi ke kondangannya kalo bukan baju saya. mereka kan cuma pada bawa celana pendek ma kaos,, heheee...

Nah pas sampe di kondangan, mereka katanya suka banget liat baju pengantin nya.. bagus bgt gitu katanya.. pe di poto-potoiiiiiiiin terus dari kejauhan.. heheeeee...


Hmm,, bis dari kondangan kita mampir bentar nganterin ibu ke Sup*rindo.. Bis itu baru deh kita pulang dan mereka juga siap-siap buat balik ke viavia.. Hmm,, selese lah sudah.. Tapi si Marlies minta di anterin dulu beli kartu pos, jadi ya akhirnya saya ajakin mereka ke m*rota batik. Dan ohmaigat, mereka sempet ilang disana! panik bukan kepalang lah ya saya nya... Gara-gara parkiran penuh semua, saya tinggal parkir dulu rada jauh dari mirota batik, dan mereka hilaaaaaang! akhirnya si jenk RIKA yang nemuin mereka.. cz emang saya kesana sama rika juga.. Hmmm,,, alhamdulillaaaaaah... ga kebayang deh kalo mereka bener2 ilang, hadeeeeeh... terus gak lama-lama di mirota batik, langsung deh kita capcus ke viavia buat balikin mereka..

Hmm, kali ini benar2 udah selese lah homestay tour mereka.. Dan jujur aja, selalu ada banyak pelajaran yang di dapet kalo kita lagi sama orang dari beda budaya...
Makasih ya Tina sama Marlies.. :) Dank u wel! :)

3 komentar:

  1. halo kak, salam kenal sebelumnya namaku Rasti. maaf kak sebelumnya, aku mau tanya2 dan kepo2 nih hehe. kakak dulu pernah jadi freelance guide di ViaVia ya? kesan pesannya gimana kak? bentuk guiding-nya seperti apa sih? makasih kak salam kenal~ :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...