Sabtu, 03 September 2011

SANGIRAN, The Homeland of Java Man

Mudik tamasya!!! ^^


Hai semuanyaaaa... sebelumnya happy belated Ied Mubarrak yaaa.. Mohon maaf lahir dan batin kalo tulisan-tulisan saya dirasa memenuhi layar anda dan ada yang kurang berkenan di hati pemirsa semuanya.. *halah!


Hihihiiii,, okay! Kemarin beberapa hari yang lalu, saya dan keluarga  menghabiskan akhir ramadhan di Sragen. Mudik lima hari di kampung halaman ibu di Sragen bakal sayang banget kalo ga dipake buat jalan-jalan.. Jadilah kita mencari tempat-tempat wisata terdekat dari Sragen, dan pilihan pertama jatuh pada SANGIRAN! Hayooooo sapa yang gak tahu sangiran itu tempat apa? Dipertanyakan nilai IPS Sejarahnya pas jaman SMP dulu,, hehee..

Jadi Sangiran itu sebenarnya nama sebuah desa yang terletak 34 km dari Sragen kota, dan disana banyak ditemukan fosil-fosil manusia purba, jadi sekarang dibangunlah museum purbakala di sana. Yuuuuk kita jenguk nenek moyang! Jengukin eyang meganthropus, eyang pithecanthropus erectus, eyang homo sapiens, dan eyang-eyang kita lainnya.. walaupun Sangiran ini katanya adalah tempat yang cocok untuk tahu lebih banyak tentang eyang Homo Erectus.. :D



Walaupun letaknya yang jauh dari kota dan berada di area yang tandus dan gersang, museum ini sudah lumayan bagus, secara fisik juga sudah oke karena emang lagi di renovasi besar-besaran dan udah lumayan jadi. Selain itu juga tiket masuknya murah ko.. cuma tiga rebu rupiah per orang.. Dan gini-gini, tempat ini udah dikenal di seluruh dunia loooh! The homeland of Java man gituuuu.. ;)


Sebelum masuk ke ruang galeri museum, kita harus ngisi buku tamu juga.. Dan di luar perkiraan saya, ternyata pengunjung nya udah banyak juga loh di hari itu.. Padahal ini kan puasa-puasa dan biasanya gak banyak orang yang suka berkunjung ke museum, tapi ternyata perkiraan saya salah. Ternyata negeri ini masih menikmati ilmu pengetahuan dan mereka masih peduli tentang warisan budaya bangsa, bahkan warisan budaya dunia sebenarnya... *Bangga.. :)


Museum ini terdiri dari dua ruang galeri. Satu galeri untuk fosil hewan purba, dan satu galeri untuk fosil dan stereotype manusia purba. Ini yang galeri untuk hewan purbanya..


Manusia dari masa ke masa.. :)



Foto-foto dokumentasi penemuan fosil di desa sangiran dulu nya..



Ini nih yang paling saya suka.. Namanya proses belajar! Nih si adek lagi mengamati fosil tulang paha gajah purba.. Coba kalo ga diajakin kesini, mana kita tau hal-hal kaya beginian.. 




Hayuuuuuk, yang belom pernah ke Sangiran, monggo di kunjungi.. Warisan leluhur nih... Pasti bermanfaat!
Okay then, Have a nice trip! ^,^

Photos? click HERE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...