Senin, 14 November 2011

99 Cahaya di Langit Eropa

EROPA! 

Saya, adalah salah satu orang yang tergila-gila akan EROPA! Mimpi yang begitu kuat untuk mengunjungi EROPA pun kembali membuncah.. Bukan lagi untuk sekedar menuntut ilmu di sana, merasakan kehidupan multikultural di sana, atau menyaksikan bangunan-bangunan tua sisa peradaban lama mereka. Semua itu masih ada di benak saya, tapi bertambah satu hal lagi yang ingin saya ketahui dari EROPA.. Sejarah peradaban Islam di benua antah berantah ini.. 


Photo by Wahyu Prasetyo






EROPA, dia menyimpan begitu banyak cerita tentang Islam. Dunia barat yang penduduknya sedang krisis kepercayaan terhadap agama itu pernah menjadi tempat dimana Islam begitu hidup. Dan cerita-cerita yang saya pernah dengar dari guru Sejarah Kebudayaan Islam ketika saya masih di madrasah dulu pun ternyata banyak saya jumpai di buku ini, sebuah buku luar biasa.. 99 Cahaya di langit EROPA.


Sebuah cerita dari Hanum Salsabiela Rais, seorang wanita Indonesia yang tinggal di Austria untuk menemani suaminya. Dan dia pun semakin menemukan ketakjubannya akan Islam di tanah itu. Cerita tentang lukisan Kara Mustafa Pasha yang ia temukan di Museum Wina, Misteri di balik garis imajiner Arc de Triomphe di Paris, cerita di balik Mezquita di Cordoba, Spanyol dan Hagia Sophia di Istanbul,  tentang kemegahan istana Al-Hambra di Grenada, serta banyak lagi tempat yang menjadi saksi bisu kejayaan Islam di EROPA.. 

Dan yang tak kalah penting adalah tentang seorang teman les bahasa Jermannya, wanita Turki yang benar-benar menjadi agen islam yang baik di EROPA, dia adalah Fatimah. Fatimah bahkan menempelkan di dinding rumahnya tigal ini: 

SYIAR MUSLIM DI AUSTRIA:

1. Tebarkan Senyum Indahmu
2. Kuasai Bahasa Jerman dan Inggris
3. Selalu Jujur Dalam Berdagang


Bahkan ia mengatakan ini pada Hanum tentang anak-anaknya kelak,
"Aku ingin mereka lahir sebagai muslim karena mereka memahami, meresapi, mengenal, menyentuh, merasakan, dan mencintai Islam, bukan karena paksaan orang lain. Dan aku ingin mereka tahu bahwa dalam setiap waktu, dalam masa depan mereka, mereka akan menemui orang-orang yang berbeda dalam hal kepercayaan, bahasa, dan bangsa. Aku akan mengajarkan kepada mereka bahwa perbedaan terjadi bukan karena Tuhan tidak bisa menjadikan kita tercipta sama. Menciptakan manusia homogen itu bukan perkara sulit untuk-Nya. Itu semua terjadi justru karena Tuhan mahatahu, jika semua sama, tidak ada lagi keindahan hidup bagi manusia. Jadi, nikmatilah perbedaan itu."


99 Cahaya di Langit EROPA! Bacalah dan kalian akan tahu tentang banyak hal yang tak kalian tahu sebelumnya.


Photo by Renifa


Pergilah, jelajahi dunia, lihatlah dan carilah kebenaran dan rahasia-rahasia hidup; niscaya jalan apa pun yang kau pilih akan mengantarkanmu menuju titik awal. Sumber kebenaran dan rahasia hidup akan kau temukan di titik nol perjalananmu. Perjalanan panjangmu tidak akan mengantarkanmu ke ujung jalan, justru akan membawamu kembali ke titik permulaan.
Pergilah untuk kembali, mengembaralah untuk menemukan jalan pulang. Sejauh apa pun kakimu melangkah, engkau pasti akan kembali ke titik awal. 
(Paulo Coelho - The Alchemist)


N.B

Judul               :  99 Cahaya di Langit Eropa
Penulis           :  Hanum Salsabiela Rais & Rangga Almahendra
Penerbit         :  PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit    : Juli 2011
Tebal              :  412 halaman
Harga             :  Rp. 69.000,00


Oia, saya buku ini sampe bolak balik berkali-kali loh ke beberapa toko buku, kehabisa terus, suer deh! Akhirnya dapet jugaaaaa! Senangnyaaaaa! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...