Kamis, 16 Mei 2013

Kembali ke BALI #1

Bali..
Setelah 10 tahun, akhirnya saya kembali lagi ke Bali.. Ternyata 10 tahun itu mempengaruhi banyak hal.. Entah seberapa besar waktu 10 tahun telah merubah Bali, yang jelas 10 tahun telah banyak sekali merubah pola pikir saya untuk mengapresiasi suatu tempat. Hasilnya.. Bali 2013 sangat berbeda dengan Bali 2003.

BALI, pulau yang sama, di mata orang yang sama, tapi di waktu yang berbeda.

Dulu..  untuk seorang Reni remaja, Bali itu biasa saja.. Pantainya? Banyak banget yang lebih indah dari Bali ko.. Orang-orangnya? Aah.. ketemunya turis semua.. Suasananya? Macet, kebanyakan bis-bis gede.. Kenapa sih orang-orang pada ke Bali? Ke Bali itu mahal, capek, dan biasa aja..

Sekarang..  Bali itu keren sekali! Lihatlah lebih dalam, lebih jeli.. Bali itu isinya orang-orang religius dan taat.. Dimana-mana ketemu orang-orang beribadah.. Dimana-mana ada pura, ada bunga-bunga sesaji untuk dewa-dewa mereka.. Bali ini isinya orang-orang tulus.. Obyeknya? Jangan hanya lihat di permukaan.. Bali bukan hanya Kuta dan Sanur.. Bali itu luas, pantainya banyak banget, masuknya gratis lagi.. pura-pura nya masih sangat kuat kulturnya pula.. Tariannya bagus banget! Hutannya, tebingnya, gunungnya, sawahnya.. Kereeeeen!

Pagi itu jam 4 pagi saya udah bangun, siap-siap mandi, bikin makanan, dan berangkat ke bandara.. Di ruang tunggu rasaya udah ga karuan, ga sabar pengen cepet-cepet terbang dengan pesawat pertama hari ini,, pengen cepet ketemu yang dari kemarin udah nunggu di Bali.

Dan akhirnya jam 9.00 WITA sampailah saya di tanah dewata ini.. Sarapan dan langsung deh capcuz ke rumah temen Camey, namanya Femmy, dan mencari pencerahan tentang obyek-obyek di Bali.. hehe. Akhirnya, kita putuskan buat pergi ke beberapa lokasi tapi tetep pertimbangkan kondisi fisik ya, gak mau yang capek-capek banget :)

Pura Agung Uluwatu

Ini obyek pertama kita.. Letaknya di Bali bagian selatan, sekitar 40 menit dari area kami tinggal di Kuta. Pas jalan ke sini tuh berasa gak sampe-sampe.. Dan berhubung naik motor dengan angin sepoi-sepoi jadilah di motor udah teklak-tekluk ketiduran mulu.. Efek semalem ga bisa tidur gara-gara kawatir ga kebangun dan ketinggalan pesawat, haha... Sampe sini langsung deh beli minuman dulu biar agak seger, terus lanjut ke loket, beli tiket seharga 15k untuk turis lokal.

Tempat ini kerennya berlipat-lipat deh.. Satu, yang jelas adalah posisi pura itu sendiri yang ada di pucuk tebing di pinggir laut.. Nah tuh liat deh... Sementara ini adalah lokasi yang relatif tinggi di Bali, jadi kalo dari arah kota, untuk kesini tuh jalannya naik, kaya mau ke gunung gitu. Jadilah bisa dibayangkan dunk gimana indahnya pemandangan di sini.. liat ke depan ada laut, dan nengok ke belakang ada hutan-hutan yang tampak di bawah sana.. Keyeeeeen! ^^

Ini kita, numpang narsis dulu dunk, minta tolong difotoin ma bule lewat, hehe..

Yang paling saya suka, kebetulan hari itu sedang ada upacara di pura ini, jadilah banyak anak-anak Bali berpakaian adat Bali sedang beribadah di sana,, sukaaaa banget lihatnya! ^^

Nih anak-anak waktu upacara belum mulai.. mereka ramah loh.. murah senyum, dan manis-manis.. ;)

Pantai Padang-Padang

Nah, setelah puas liat-liat pura dan hutan plus monyet-monyetnya, kita lanjut ke pantai Padang-Padang, sekitar 10 menit dari Pura Uluwatu itu.. Pantai ini sih udah lumayan ramai, tapi gak sepadat Kuta. Katanya sih sekarang para bule-bule udah lebih suka pergi ke sini daripada Dreamland yang uda penuh turis lokal.. Dan ternyata emang di sini isinya bule-bule lagi sunbathing semua.. Cuma kita aja nih yang sampe sana langsung ngadem di bawah karang, haha,, panasnya super cint!

Berhubung ini lagi tengah hari dan panas banget, dan berhubung kulit saya sudah eksotis membara, jadinya gak perlu dunk ya ikutan sunbathing.. Yang ada juga kita malah tidur di bawah karang sampe bener-bener ketiduran karena capek banget.. haha, serius tidur beneran.. Bangun-bangun udah agak seger laah.. Sempetin nyentuhin kaki ke air pantainya juga.. dan udah bisa nulis-nulis yang beginian.. ^^

Btw, pantai ini unik loh, lokasinya cukup tersembunyi.. Jadi pintu masuknya harus nglewatin jalan sempit di antara dua karang besar kaya gini.. Jalannya harus antri.. Pas lagi dateng sih oke aja secara jalannya turun, nah pas mau pulangnya lagi liat tangga nya udah ngos-ngosan dulu.. >.<

Pantai Suluban

Nah ini pantai yang bikin penasaran banget nih.. Pantai rekomendasi dari Putri, temen SD-SMP yang lagi kerja di Bali.. Lokasinya di antara Uluwatu dan Padang-padang. Berhubung ini masih satu deretan sama uluwatu dan Padang-padang yang harus turun tangga dulu kalo mau ke Pantai, jadi pantai ini pun juga senasib.. Tapiiiii.. masalahnya kita kesini di sekitar jam 3an sore, pas panaaaaaas banget! Dan ternyata pas turun dari parkiran, pantainya tampak jauuh banget! Jadi kita harus lewatin anak tangga yang berbelok-belok diantara cafe-cafe dan toko-toko kecil..  Dan inilah pemandangan dari atas.. Keren ya!

Sayang sekali waktu itu saya dan Camey sama-sama sudah kehabisan tenaga dan lemes gara-gara panas banget.. Jadi kita gak turun sampai ke pantainya, cukup memandang dari bawah pohon di atas sini.. Ini kita udah setengah jalan looh, tapi masih jauh banget ternyata.. hehe..

Kalo waktu itu udah agak sorean dikit, pasti deh kita nyemplung plung! karena di sana tuh orang-orang bisa jalan sampe jauh ke arah laut, jalan di atas batu-batu itu.. keliatan kan ya.. :)

Pantai Dreamland

Pantai ini sebenernya ga terlalu direkomendasikan sama temen yang udah lama tinggal di Bali, karena udah telalu ramai dan padat ma turis lokal sehingga ga seindah dulu lagi. Tapi, berhubung kita udah di deket-deket sini, jadi gapapa deh mampir sini juga ^^

Sampai di sini sekitar jam 4 sore lah, jadi matahari udah agak turun.. Jadinya bisa punya foto yang kaya beginian, huhuuu makasih Cameeey! Seneng deh kalo jalan-jalan sama orang yang jago motoin,, hehe..

Tapi juga gak boleh ketinggalan foto a la pantai dreamland dunk.. yang ngeliatin padatnya pantai dibawah sana.. Ni kita ambil foto dari semacam bukit kecil nan hijau di samping kiri pantai.. Bukitnya aja udah keren, kaya di bukit teletubbies ^^

Tapi di sini kita gak lama-lama nih, karena mau ngejar sunset di GWK. Kata Camey sunset disana kereeen! Niatnya ke sini mau liat-liat bentar aja, foto-foto dan langsung cuz. Tapi sayangnya ternyata Dreamland menahan kami cukup lama karena pengen foto-foto mulu di sininya,, hahaa...

Garuda Wisnu Kencana

Berhubung kesininya udah rada telat, jadilah waktu sampe di sini pas banget sendratari kolaborasinya pas mau mulai. Jadi ga sempet foto-foto di patung GWK nya dulu.. Langsung deh ke tribun buat nonton kolaborasi tari kecak dan ramayana.. Harga tiketnya 40k untuk turis lokal, rada mahal sih, tapi gak rugi laah... Kereeeeen banget loooh! Kecaknya cukup memukau untuk saya.. ^^

Sendratari kolaborasi itu makan waktu sekitar 30-40 menit.. Ceritanya relatif sama dengan sendratari ramayanadi Candi Prambanan. Tapi yang ini bukan diiringi gamelan melainkan diiringi tari kecak dan olah suara para penari yang menurut saya itu kereeeeen sekali! Sesudah tari ini selesai, langsung dunk menuju patung fenomenal yang maha populer se Indonesia raya. Daaaan... foto pose ciuman sama sang Garuda, hehe..

Perhatian! Ini bukan lomba manyun antara saya, camey dan garuda! Karena juga udah ketauan siapa yang menang kan.. ;p

Dan ini pun akhir dari trip hari pertama yang cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan! Tunggu cerita selanjutnya di next post yaaa! Jangan bosen2 liatnya... See ya! ;)

P.S. Info Pengeluaran

Sewa motor        : 50k / hari
Uluwatu              : 15k /orang (lokal)
Padang-padang   : 2k (parkir aja)
Suluban               : -
Dreamland          : 5k (Parkir aja)
GWK                 : 40k / orang (lokal) + 5k (parkir)