Kamis, 20 Oktober 2011

NASIONAL.IS.ME

Buku ini ISTIMEWA!

Okay, serius nih,, mungkin saya ga perlu banyak berkata-kata.. Postingan saya kali ini bener-bener cuma pengen share kalo "Ini loh,, ada buku keren ya ng kalian semua harus baca!" Serius, ini bukan promosi, toh saya ga dibayar buat nulis postingan ini,, 

Saya cuma pengen kalian baca buku ini.. Kalian! Iya, kalian semua.. Buat kalian yang mungkin meragukan kemampuan INDONESIA, buat kalian yang belum bisa melihat betapa luar biasanya INDONESIA, buat kalian yang hanya cinta banget sama alam INDONESIA, buat kalian yang cuma tahu kabar perekonomian serta pendidikan di INDONESIA dari berita media massa yang kadang cenderung lebih mengekspos kesalahan-kesalahannya saja.. bahkan buat kalian yang mengaku pecinta INDONESIA.. Kalian harus baca! 

Photo by Wahyu Prasetyo

Okay, ini salah satu contoh tulisan yang diambil dari postingan di web nya mas Pandji yang kebetulan juga dimasukin di buku itu.. 

**********

Ga Usah Revolusi
Kemarin gue bertemu dengan Glenn Fredly sesaat sebelum gue manggung di acara amalnya dia untuk adek adek di desa waikokak NTT.
Lama memang kita nggak ketemu jadi sekalinya ketemu ngobrolnya panjang.
Tapi ada satu bagian yang pingin gue tulis disini.
Indonesia, telah lama “dijajah” oleh penguasa lama. Ketika gue bilang penguasa lama, gue bukan ngomongin penjajah. Gue maksud orang Indonesia yang lama berkuasa di Indonesia
Dalam segala bidang.
Beberapa aturan, kondisi dan mungkin juga hukum didesain untuk menguntungkan mereka yang sudah lama menggendut gara gara kuasa mereka.
Bukan rahasia, ketika kita mulai kaya, standar hidup kita juga meningkat.
Biaya meninggi dan pengeluaran membengkak.
Tidak ada masalah memang kalau kita masih berkuasa. Masalah muncul ketika kuasa itu hilang.
Itulah yang tidak ingin mereka alami.
Mari kita ambil contoh yang mudah dipahami.
Semasa Almarhum Soeharto memimpin, tidak ada pilihan lagi untuk kepresidenan.
Sehingga, kekuasaanpun tidak berpindah.
Dulu, partai politik hanya ada 3 pilihan, maka, kekuasaanpun hanya bisa terbagi 3 dengan 1 partai dominan. Tidak ada pilihan.
Dulu bioskop juga hanya ada 1.. tidak ada pilihan, kuasa dan uang untuk industri film hanya ada di satu pihak, tidak ada pilihan
Dulu bensin hanya ada pertamina, maka kuasa transportasi hanya ada di satu  tempat, tidak ada pilihan.
REVOLUSI adalah sesuatu yang gue hindari di Indonesia
REVOLUSI tidak mungkin terjadi tanpa ada konflik besar, perpecahan bahkan bisa jadi pertumpahan darah.
REVOLUSI BUKANLAH yang dibutuhkan Indonesia
Kalau elo tanya sama gue “Apa yang salah dengan Indonesia”
Gue akan jawab “Ga ada yang salah.”
Indonesia SUDAH berjalan pada jalur yang benar.
(gue tau elo ga setuju atau kebingungan dengan opini ini)
Mari gue terangkan.
Orang banyak berpendapat bahwa Indonesia punya masalah besar yang tak kunjung usai. Kesannya Indonesia tidak maju maju.
Anggapan itu dimata gue salah.
Indonesia sudah berjalan di jalur yang cepat, yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar kita terus berjalan seperti ini.
DEMOKRASI di Indonesia LEBIH BAIK dengan yang terjadi di negara lain.
Jangan lupa, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ke 3 di dunia setelah India dan Amerika.
Cina tidak masuk karena mereka negara komunis. Tidak ada demokrasi disana.
India gue kurang paham
Tapi gue tahu persis Amerika tidak ada apa apanya dibandingkan dengan Indonesia untuk urusan demokrasi
Ratusan tahun mereka merdeka, tapi sampai hari ini mereka tidak punya presiden wanita, mereka baru sekarang punya presiden kulit hitam
Sementara Indonesia baru 65 tahun merdeka, sudah punya presiden wanita, dan berseberangan dengan anggapan banyak orang yg bilang presiden RI itu selalu orang jawa, Indonesia sudah punya presiden dari luar jawab (BJ Habibie), presiden gusdur adalah mungkin satu dari sedikit sekali presiden yang tidak punya kemampuan untuk melihat, tapi beliau lebih mampu melihat kesetaraan dan keadilan daripada presiden lain yang punya mata untuk memandang.
Dibawah GusDur, Indonesia jadi plural kembali. Saudara kita yang berdarah Cina (saudara gue juga karena gue ada darah cina) hidup bebas hari ini berkat beliau.
Indonesia negara dengan penduduk islam terbesar di dunia dimana 90% penduduk kita islam. Tapi pemilu kemarin partai berbasis agama Cuma dapet 20% yang artinya rakyat Indonesia TERMASUK yang islam tidak ingin Indonesia jadi negara islam, tapi negara demokrasi.
Lihat Indonesia sekarang.
Indonesia ya, bukan Jakarta saja, bukan bandung saja, bukan yogya saja, bukan padang saja.
Lihat Indonesia, kalau ada yang bilang kita tidak punya potensi, maka dia buta.
Ga usah takut kita belum mampu maksimalkan potensi Indonesia sekarang, negara ini akan ada untuk SELAMANYA! Kita punya banyak waktu, banyak kekayaan dan percaya sama gue, banyak tenaga kerja yang MAMPU untuk membawa Indonesia jadi lebih baik.
Memang, Indonesia tidak sempurna, memang Indonesia banyak korupsi, tapi negara negara lain juga punya kebobrokan sendiri sendiri.
Gue bukannya mau menjelek jelekin negara lain, gue mau bilang bahwa Indonesia itu tidak buruk buruk amat.
HANYA SAJA orang Indonesia terlalu sering fokus pada kesalahan Indonesia sehingga lupa untuk menyadari kebaikan dan potensi Indonesia
Bangsa Indonesia, Rakyatnya, Orang orangnya AKAN membawa Indonesia jadi jawara dunia
Gue percaya itu.
Pertama, karena dunia tahu… SEDUNIA tahu… Indonesia itu individunya hebat hebat.
Indonesia dari industri sepatu, bola, baju, hebat hebat.
Baju yang dipakai oleh tim tim NIKE di Piala dunia bikinnya di Indonesia
Sudah entah sejak tahun berapa, bola yang digunakan piala dunia dari Indonesia
Dunia animasi? Indonesia gudangnya, ada banyak komik2 amerika dan jepang yang ilustratornya orang Indonesia
Juara dunia olimpiade robotik? 2 mahasiswa Indonesia
Hitung saja sampai pusing jumlah orang orangf Indonesia yang memegang peranan penting di perusahaan2 luar negeri. Bukan di Indonesia lho, mereka berkantor di luarnegri
Anak Bangsa Indonesia adalah orang orang terhebat dunia
Itu alasan pertama
Alasan kedua, adalah bahwa Bangsa Indonesia punya kecintaan dan keterikatan terhadap negaranya LEBIH TINGGI daripada bangsa lain di dunia.
Buktinya? Tidak ada IMIGRAN INDONESIA.
Bingung? Sini gue terangin
Di seluruh dunia, dibegitu banyak negara yang tersebar disemua benua, ada bangsa imigran.
Bangsa yang pergi meninggalkan negrinya untuk memulai hidup baru di negara lain.. memulai kebudayaan baru, merintis imigran2 baru.
Amerika, adalah negara yang isinya adalah imigran semua.
Ada imigran belanda, imigran jerman, imigran afrika, imigran irlandia, imigran italia, imigran inggris, imigran skotlandia, imigran dari amerika latin, imigran india, imigran cina.
Selain dari wajah dan kulitnya, imigran itu terlihat dari namanya.
Tapi di Amerika, tidak ada imigran Indonesia.
Bahkan tidak ada imigran Indonesia di seluruh dunia.
Imigran itu bukan orang Indonesia yang pergi keluar negri terus kuliah lalu pulang lagi lho
Bukan juga yang pergi ke amerika lalu menghabiskan hidupnya disana.
Imigran itu yang sudah membentuk kebangsaan sendiri turun termurun.
Kenapa seperti itu?
Apakah karena Indonesia tidak pernah keliling dunia? Jelas tidak, justru orang Indonesia adalah salah satu orang orang pertama yang keliling dunia.
Peninggalan perahu tertua di dunia salah satunya adalah di Indonesia.
Kita sudah berlayar jauuuuuh sebelum bangsa lain
Tapi kenapa tidak ada imigran Indonesia?
Setelah China dan India (exclude amerika) Indonesia adalah negara terbesar di dunia!
China dan India imigrannya dimana mana, Amerika isinya imigran semua, tapi Indonesia?
Ini sudah diakui banyak ahil di dunia.
Orang Indonesia punya keterikatan paling tinggi sama tanah airnya.
Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi luarbiasa di masa depan
Balik lagi ke bagian awal tulisan ini
Ini berarti, untuk maju, kita tidak perlu REVOLUSI
Kita sudah berjalan dengan benar
Yang kita perlukan adalah menggunakan KEKUATAN kita untuk MENYEDIAKAN PILIHAN.
Supaya Bangsa ini tidak lagi terpaksa memberikan kuasa kepada orang orang yang lama.
Supaya bangsa ini mendewasa dengan banyaknya PILIHAN
Itulah perjuangan kita
MENYEDIAKAN PILIHAN untuk mempercepat laju kedewasaan dan kesejahteraan kita sebagai bangsa.
Itu yang diperlukan
Ga usah revolusi…

**********


Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa saya maksa banget kalo buku ini keren.. Jujur ini buku bener-bener ngefek banget ke saya! Bener-bener menularkan semangat buat saya, dan saya pengen semangat itu tertular juga ke kalian. 

Ini karena buku ini bukan buku yang cuma nunjukin ke kalian semua tentang betapa indah dan luarbiasanya INDONESIA, tapi juga hal-hal yang mungkin kalian belom pernah tahu tentang fakta-fakta yang gak akan kalian akses dengan mudah di media massa.. Yang bikin kalian mungkin "ragu" akan betapa cinta nya kalian sama INDONESIA.. Iya, Ragu,, *Ini saya pinjem istilahnya mas Pandji ya* Dan let's see, apa setelah baca buku ini, kalian akan semakin tidak cinta INDONESIA atau kalian menjadi semakin cinta INDONESIA.. Kalau saya sih pilih yang kedua.. ;)

Selamat membaca! :)
Hiduplah Indonesia raya..


N.B

Judul                 : NASIONAL.IS.ME
Penulis             : Pandji Pragiwaksono
Tebal                : 330 halaman
Penerbit           : Bentang Pustaka
Tahun Terbit    : Juli 2011
Harga               : Rp. 54.000,00

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...