Rabu, 14 September 2011

Amazing KARIMUNJAWA with Amazing BREGADA!

What a trip!!

Trip kali ini sungguh spesial buat saya, sebuah perjalanan panjang penuh lika-liku dan melelahkan tapi sungguh terbayar oleh indahnya kepulauan ini..  Dan untuk trip ini saya gak akan menulis part 1,2,3 dst karena saya sungguh speechless! :)

Perjalanan ini berawal dari tanggal 9 september '11 kemarin, kami janjian untuk berkumpul di terminal Jombor. Ketika melangkahkan kaki keluar rumah, hati saya bener2 dag dig dug, entah kenapa.. Rasanya saya ingin segera bertemu mereka.. Hingga akhirnya pukul 11 lebih saya sudah sampai di Jombor.. dan satu persatu mereka datang dengan tas-tas besar mereka, ada yang cukup dengan daypack, carrier, bahkan koper.. Sepertinya mereka sudah well-prepared sekali.. begitupun juga dengan saya! dan setelah para cowo sholat Jumat, kamipun berangkat dengan sebelumnya diawali dengan berkumpul melingkar, dan saat itu doa saya begitu sederhana.. "Tuhan, ini akan menjadi perjalanan yg cukup panjang, dan sudah lama aku menanti-nanti saat ini, hanya demi melihat indahnya ciptaanMu, bersama mereka, sahabat-sahabatku.. maka ku mohon mudahkanlah, amin.."
Pukul 1 pm kami berangkat dari Jogja dan sampai di terminal Terboyo Semarang hampir pukul 5 pm, langsung kami naik minibus jurusan Semarang-Jepara, dan FYI, bus ini sepertinya adalah bus terakhir, jadilah bus ini sangat sumpek, padat, dan dipenuhi bau-bauan yang beraneka ragam.. dan baru sekitar pukul 7 pm lebih kami sampai di alun2 Jepara, lalu kami turun dan mencari makan malam di sana..


Setelah perut terisi, kami menuju ke pelabuhan Kartini untuk bermalam disana, sebagian naik becak dan sebagian naik angkutan mobil carry -orang2 disana kalo bilang tuh mobil 'ceri'- dengan tarif yang sama, 5 ribu rupiah per orang..  Dan sesampainya di pelabuhan, langsung kami cari tempat buat tidur,, hahaa.. ini nih suasana malem itu.. udah ga peduli orang lewat, yang penting kami capek, mau istirahat! :)


Malem itu bener-bener terasa panjang, sungguh tak sabar ingin segera pagi, hingga akhirnya setelah melewati tengah malam barulah saya baru memejamkan mata dan akhirnya terbangun oleh suara adzan subuh yang begitu bergema dari masjid pelabuhan.. Fajar datang.. *Alhamdulillah, tak lama lagi.. 

Sudah pukul 6 lebih tapi Pak Bambang -pemilik warung di pelabuhan yang dipasrahin oleh biro buat beli tiket buat kami- belum juga muncul dari antrian panjang loket tiket ferry.. Sumpah gak bohong, saya udah takut banget.. gimana kalo ga dapet tiket?  kan udah jadi hal biasa kalo ga dapet tiket gitu.. terus kita harus nunggu ada ferry nya 2 hari lagi? atau brarti kita gak jadi ke karimunjawa? brarti kita pulang lagi? naik bis 6 jam lagi? terus DP yang sejuta kemarin gmn? saya harus ganti? terus impian 5 bulan ni gmn? batal? terus temen2 bakal gmn? OMG, semua itu udah bersarang dipikiran saya.. sampai akhirnya hampir pukul 7 am pak Bambang dateng bawa segepok tiket! *lega.. Yah, akhirnya dengan berbagai cara semua bisa masuk ke kapal, dan baru aja masuk ke kapal, beberapa menit kemudian kapal langsung berangkat.. Padahal pas kita masuk ke kapal, antrian tiketnya masih panjang banget, kasian yang pada ga dapet tiket.. :( *huhuuu ga kebayang kalo tadi telat dikit aja.. >.<

Belom selese deg-deg an nya, eh udah ditambah dengan shock karena liat kapal yang penuh banget! ga ada kursi kosong lagi, gara-gara kesiangan masuknya.. gmn lagi, lesehan lah pilihannya.. walau setelah beberapa waktu, banyak orang-orang yang pindah dari kursi jadi tiduran di bawah karena mabuk laut, dan kita dapet tempat duduk akhirnya, walau dengan adanya orang-orang yang tidur di bawah kita.. Dan tentunya dengan suara-suara dan bau-bauan yang tidak menyenangkan, selama 6-7 jam pula! lengkap sudah.. Berusaha tidur sebisa mungkin! Tapi setelah kepulauan Karimunjawa sudah terlihat, saya sempetin naik ke atas dek kapal, selain nengokin temen-temen yang emang dari tadi stay disana, juga buat cari udara segar plus foto-foto,, hehe..


Tak lama kemudian.. here we are!!!! Karimun jawa!!!! Nih liat deh muka saya setelah 24 jam di jalanan (plus lautan) *Alhamdulillah, terimakasih Tuhan.. :D :D :D


Sampe homestay, kami udah dijamu dengan es kelapa muda yang sangat-sangat mengobati haus dan kepanasan yang amat sangat, *halah! Terus sorenya, saya dan tari sempetin jalan-jalan ke dermaga yang cuma 5 menit jalan kaki dari homestay.. Soalnya besok bakal 2 hari berwisata bahari, pasti capek dan males buat liat sunset.. jadi di sempetin sekarang deh, dan ternyata gak rugi ko! Sore di dermaga bener2 istimewa! Dan sunset nya oke banget!!! Entah kenapa mentari senja di tempat ini bener2 tampak lebih besar dari yang biasa saya lihat.. :)

Sore yang spesial di tempat yang istimewa :)


Cinta banget sama mentari senja nya.. Waktu mau tenggelam menjadi lebih bulat besar dan berwarna orens menyala  :)


***
Pagi harinya, saya dan temen-temen jalan-jalan lagi, pagi-pagi banget kita udah nongkrong di pinggir laut, menanti pagi.. :) kita harus nunggu lama banget baru akhirnya mentari pagi yang terhalang bukit itu mulai memancarkan sinarnya..  

Sampe udah terang gini kita masih ga liat mentari nya, langitnya masih pink, gara-gara kehalang bukit..


Tapi setelah ditunggu beberapa menit, sinarnya jadi keemasan, indah banget!


Terus kita sempetin maen ke pasar Karimunjawa dulu.. kita beli jajanan disana.. ternyata masih murah banget walau hampir semua bahan makan harus di suplay dari Jepara.. Nih saya beli es jenang gempol cuma 1500 rupiah.. hehe.. Ada juga yang beli legendar plus pecel plus sate ikan 2 tusuk cuma 5000 rupiah.. Lumayan, sarapan murah.. :)


Terus kita buru-buru balik ke homestay, karena hari Minggu itu dan Senin besoknya adalah hari-hari terindah dari trip ini, karena 2 hari itu kita akan keliling pulau-pulau! Ternyata ketika sudah dijalani benar-benar diluar ekspektasi, bukan karena hal-hal negatif, tapi karena jauh lebih KEREN dari yang saya bayangkan!!! Sumpah deh kalian harus kesana! :)

Selama 2 hari itu ada 6 pulau yang kami kunjungi.. Hari pertama ke pulau menjangan kecil, pulau cemara kecil, dan Tanjung gelam. Hari kedua ke pulau kecil, pulau tengah, dan pulau gosong kemudian ke penangkaran ikan hiu.. 

Ini waktu kita di trip bahari pertama kita, belom nyampe ke pulau dan belom nyemplung laut.. masih girang banget karena penasaran tar apa aja yang akan kita temuin..


Ini di snorkeling pertama kita di lautan dangkal deket pulau menjangan kecil. Jujur aja ini adalah wisata bawah air pertama buat saya, dan sumpah deh saya bener-bener terkesima sama indahnya terumbu karang laut jawa ini.. Indaaaaaah! :) Belom lagi ikan belang-belang yang lucu banget.. mereka doyan roti tawar! nih kita lagi kasih mereka makan.. Dan berenang diantara ribuan ikan itu rasanya ajaib banget! Biasanya cuma liat di tipi, tapi kali ini saya bener-bener ngalamin.. :)


Setelah itu kita ke pulau cemara kecil buat makan siang dan maen di pantai.. Huwaaa pantainya bagus, landai, dan jernih!


Kata bang kampret -guide kita- ini salah satu jenis bintang laut.. tapi ini cuma tinggal cangkang nya aja.. Awalnya kami ngira kalo ini batu yang diukir bunga, tapi tekstur ukiran bunganya natural banget dan ada banyak benda kaya gitu ternyata.. hihii,,, unik ya! Karimun jawa memang istimewa!!!


Setelah rada lama di pulau cemara kecil yang indah ini, kita menuju ke tanjung gelam ditemani ombak yang membesar.. awalnya ngeri sih, tapi saya percaya sama tekhnologi yang namanya kapal dan pelampung, jadi stay cool aja.. hehe..

Di sini kita snorkeling lagi.. Yihaaaa! Dibanding dengan di Menjangan kecil, air disini tergolong lebih keruh.. tapi terumbu karangnya tetep oke punya loh! :) 


Kayanya hampir semuanya punya foto pose ini deh.. karna buat foto kaya gini tuh saya harus antri sama para bregada yang lain.. hahaha..


Paginya kita wisata bahari lagi.. Dan aktifitas pagi itu hampir sama dengan kemarinnya. Pagi-pagi jalan kaki, ke pasar, kali ini beli ikan ijo yang diasinin -beken di karimunjawa nih- terus kita keliling ke jalan-jalan yang kemarin belom di lewatin.. dan sebelum balik ke homestay buat sarapan bareng bregada, saya, tari dan mimi mampir dulu ke SD di deket dermaga.. pengen ngobrol sama anak-anak SD nya, dan jajan makanan yang biasa mereka beli.. :)


Terus kita balik ke homestay, ngumpul ma bregada buat makan bareng dan nungguin bang dul -guide kita- jemput kita.. :)

Hari itu pertama-tama kita ke pulau kecil! So far dalam hidup saya, ini adalah the best beach ever!!! Pantainya wonderful dan turumbu karangnya juga amazing!!!


Ini hati buat kalian semua, pecinta Indonesia!


Siang itu pas udah hampir jam makan siang, bang kampret sama bang dul bawa kita ke pulau tengah.. deket dari pulau cilik, cuma beberapa menit aja naek kapal nya..

Dan akhirnya kita sampe di pulau kecil yang keren dengan beberapa bangunan unik -kayanya cottage- di pinggirnya.. 

Dan kita juga bantuin bakar ikan nya.. *lebih tepatnya gangguin dink.. :)


Setelah makan siang dan menghabiskan banyak waktu buat foto-foto bahkan bikin video disana, kita capcus ke pulau gosong.. kata bang kampret, orang-orang disana percaya kalo udah kemana-mana terus gak mampir ke pulau gosong nanti bisa kena musibah gitu.. hiiiii! Dan pulaunya tuh ya.. cuma seumprit! Kalo air laut pasang bahkan nih pulau hilang.. kecil banget, cuma pasir aja, ga ada pohon nya.. hehe..

Tuh liat deh tuh pasir.. ya itu pulaunya.. lucu yaa.. hihihiii..


Kita nemu bintang laut disana.. awalnya si riyan yang liat.. bagus banget.. biru menyala! terus tuh bintang laut jadi buat properti foto-foto deh, kasian..  tapi habis itu kita taruh di dalem aer lagi ko....


Dan last destination adalah penangkaran hiu.. huhuuu sayang banget saya ga berani ikutan nyebur, soalnya lagi berdarah-darah nih, daripada tiba-tiba dibuat rebutan hiu sekolam,, haha ogah!

Hmm,, terus kita pulang dan malemnya bang dul anterin kita ke pusat oleh-oleh yang ternyata juga deket dari homestay.. hahaha disana tuh kayanya kemana-mana deket deh! Mau ke kantor kecamatan, ke koramil, ke puskesmas, ke dermaga, ke pasar, ke pusat oleh-oleh, semua nya bisa dengan jalan kaki! 

Ini saya sama bang dul.. ;)


Malem itu sedih banget rasanya.. Kami ga pengen pulang.. pengen banget rasanya nambah sehariiiii aja.. walopun disini kadang sinyalnya macet, walopun kalo siang ga ada listrik, walopun anginnya kenceng kalo malem, tapi kita seneng disini.. >.<

Tapi apalah daya, pagi-pagi banget pukul 5.30 kita udah dijemput buat dianter ke pelabuhan dan pukul 6 pagi kita udah naik di kapal.. Bang dul keren deh, orang-orang masih pada ngantri tapi dia udah dapet tiketnya! *makasih bang dul! :)

Oia, saya suka banget bahkan saya jatuh cinta sama moto nya kapal ferry Muria ini deh.. huhuuu... keren!!!
"BANGGA MENYATUKAN NUSANTARA"


Dan setelah menempuh 16 jam dengan estafet 7 kendaraan yang berbeda, akhirnya kami tiba di rumah kami masing-masing di Jogja Istimewa ini.. Home sweet home! :) 

Karimunjawa akan slalu ada dalam ingatan, salah satu tempat terindah yang pernah saya kunjungi.. Saya banga karena terlahir di negeri yang sungguh cantik ini.. Indonesia!!! Terlebih saya menikmati indahnya kepulauan ini dengan orang-orang hebat itu.. Kalau buka bersama mereka pasti tak akan seindah ini.. :) 

Percaya deh, pergilah kalian ke tempat-tempat diluar tempat tinggal kalian di negeri ini, dan rasa cinta tanah air kalian akan slalu bertambah.. Entah apa yang orang bilang tentang bangsa ini, saya tetap cinta Indonesia!

FOTO? Disini.. 

P.S. 
Sampe sekarang pas saya nulis ini, saya masih berasa goyang-goyang nih.. Efek 4 hari hidup diatas laut.. haha,, 

8 komentar:

  1. ongkos brp semuanya? tiap org?

    BalasHapus
  2. bener2 amazing gan, 2 jempol buat bregada 40... josh..

    BalasHapus
  3. angkos nya 380ribu per orang, itu kita beruntung banget dapet harga segitu.. cek aja di FB "Karimunjawa aja tour" kita pake itu.. Mantap pokoknya! :)

    hehe,, makasiiih... bregada 40 emang Josh bener,, hehehe..

    BalasHapus
  4. ajak kami kesana lagi bregz...hahhaha..

    BalasHapus
  5. mau kesana? mari saya antar.. hahaha..

    BalasHapus
  6. keren sekali mbak destinasinya..pengen bgt kesana..hanya belum menemukan waktu yang pas, thanks buat share infonya.. *nice story anyway*

    BalasHapus
  7. wiiiiiiiiiii...

    mantep bener ren,. backpacking terus... ^_^

    BalasHapus
  8. keren bngt, jadi kangen kalian beregada...........,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...