Rabu, 20 Februari 2019

Kindy's Life _ Melihat Westall Kindy Lebih Dekat :)

Assalamu'alaikum..

Kali ini saya mau berbagi tentang penampilan dan sisi-sisi westall Kindy.. Maklum ya, sebagai kaum proletar yang selama ini mengenyam pendidikan di sekolah negri, gak pernah ke sekolah elite nya kaum borjuis, saya cukup ndeso ketika melihat penampakan sekolah di sini. Walaupun sekolah Hudzaifah ini sekolah negri paling murah (sekitar $400an / term) yang bahkan ada subsidi nya untuk Oz citizen dengan kriteria tertentu, tapi mungkin penampakannya kurang lebih sebanding dengan sekolah2 swasta mahal yang ada di Indonesia.. Makanya saya sampe pengen share di sini.. hihiii...

Okay, sekarang kita school tour ya..



Jadi sekolah ini adalah salah satu layanan umum buat masyarakat setempat, sehingga lokasinya pun ada di gedung besar "Westall commumity hub". Kalo cara mudahnya ya balai desa Westall. Tiap area biasanya punya community centre seperti ini. Yang pasti ada di balai desa macam ini adalah perpustakaan, bidan dari counsil, TK, dan beberapa layanan publik lain. Kalau di Clayton community centre, tempat TK lama Hudzaifah, malah ada kolam renang, cafe dan ruang teater nya..


Nah berhubung TK ini ada di gedung besar yang ada banyak orang dengan banyak kepentingan bersliweran, jadi ada password untuk bisa masuk ke area TK nya. Yang punya password nya hanya staf dan orang tua siswa saja yang dikasihnya pas masa orientasi di awal term.

Setelah masuk di pintu yang berpassword itu, ada beberapa ruangan, seperti beberapa ruang kantor dan ada 4 play room (ruang kelas) dengan 4 outdoor playground juga. Kelas-kelas itu dipakai untuk TK yang 3 tahun, yang 4 tahun, dan untuk playgroup. Ini ruang kelas Hudzaifah, TK yang untuk 4 tahun. 


Di sini pula yang jadi ruang tunggu  untuk antar jemput sekolah, sebelum kelas di buka biasanya anak-anak bermain mainan dan baca buku yang disediakan di ruang tunggu ini.

Masuk ke kelas, anak2 langsung menaruh tas dan bekal mereka di loker. Ada nama dan foto si anak di tiap loker jadi mereka tahu mana loker mereka. 



Ini loker Hudzaifah, dan di hari lain dipakai bergantian dengan murid dari group yang lain. Tas yang isinya baju ganti dan juga bekal ditaruh di loker ini. Untuk kelas yg 4 tahun karena sekolahnya cukup lama durasinya, jadi bekal nya bawa 2 macam, snack dan lunch. Bekal yang dibawa pun harus makanan sehat, makanya seringnya untuk snack bawa buah aja biar aman. Apalagi Hudzaifah suka banget sama stroberi, jadilah tiap sekolah maunya ada stroberi di bekal dia. Di sini juga ada peraturan untuk tidak bawa makanan mengandung coklat dan kacang karena banyak yang alergi kacang di sini. Bahkan dampak alergi nya bisa cukup serius. Saya agak aneh juga sih, seumur-umur di Indonesia belum pernah denger orang alergi kacang soalnya, hehe.  

Selain tentang makanan, cuaca juga menjadi concern untuk orang-orang di sini. Anak-anak harus memakai sun screen dan topi kalau mau main di playground kalau sedang panas, sedangkan saat winter jaket tidak boleh kelupaan.


Beberapa pengumuman terkait cuaca yang harus diperhatikan sampai di tempel di pintu kelas. Dulu waktu masih di Clayton preschool saya sampai pernah kena tegur guru Hudzaifah. Waktu itu menurut saya dingin banget jadilah Hudzaifah saya pakaikan jaket dunk.. Dan pas masuk kelas saya lupa gak suruh dia lepas, dan saya ditegur dibilang kalo nanti si anak bisa overheat, padahal walaupun udah masuk kelas dan ada heater nya tetep menurut saya itu masih agak dingin, makanya saya lupa suruh dia lepas jaket. hehe..


Nah itu sun screen juga disediakan di sekolah, sebelum keluar ke playground anak suruh pakai sendiri, cara pakainya sudah ada petunjuknya ditempel di kaca itu.. Sekarang kalo di rumah Hudzaifah sering banget tiba-tiba bilang "I want sun screen!" sambil pake krim sendiri yang sebenernya adalah moisturizer, hehe..


Jadi ini adalah meeting point untuk kelas ini. Tiap pagi baru masuk, mereka suruh langsung duduk dulu dsitu.. nyanyi2 dan briefing dulu tentang kegiatan utama apa yang akan dikerjakan hari itu, misalnya ketika mau bikin carrot cake, gurunya akan jelasin dulu resepnya, dengan bahasa yang sangat sederhana tentunya.. Atau ketika kegiatan utama nya tentang menggambar wajah, maka gurunya kasih contoh dulu gambar wajah a la anak TK gitu sekalian belajar kosa kata yang terkait..


Nah ini toilet nya,  lucu sih itu pintunya pendek-pendek dan di dalemnya toilet nya kecil-kecil, imut banget liatnya.. haha.. Di deket nya situ juga ada wastafel dan meja buat gantiin popok bayi. 


Terus 3 warna bak sampah ini juga hal yang common banget di sini, karena di rumah pun sampah juga harus di pisah. Kuning untuk yg bisa di daur ulang, merah untuk sampah dapur dan lain-lain, hijau untuk sampah tumbuhan. 

Selanjutnya, satu hal yang saya paling suka adalah laporan kegiatan yang di bukukan tiap minggu nya.. Jadi kita bisa tahu di sekolah si anak belajar apa aja.. Tapi walaupun dibukukannya seminggu sekali, tiap jemput sekolah kita bisa lihat foto2 hari itu yang di display pakai tablet dan di taruh di meja depan kelas. Jadi sambil nunggu anak keluar kelas bisa sambil lihat-lihat itu.. 



Di samping album dokumentasi juga disediakan map-map hasil karya anak-anak setiap harinya yang bisa diambil dan dibawa pulang. Ya hasil tempel2, gambar2, stempel2, dll lah.. Ambil di map yang ada nama si anak..



Nah untuk permainan-pemainan di kelas biasanya akan di gantu secara berkala, jadi si anak tidak bosan. Misal ada miniatur restoran, hari ini jadi restoran chinese yang ada masak2 bakmi nya, besoknya udah jadi restoran vegetarian yang ada sayur2nya, dan sebagainya.. Ini beberapa foto kondisi kelas dan contoh activity yang ada di dalam kelas dan di luar kelas








Tentu saja masih banyak lagi jenis2 activity yang ditawarkan tapi banyak banget kalo di upload semuanya.. hehe.. 

Hudzaifah bisa ngerasain sekolah di sini dengan sistem dan fasilitas yang seperti ini adalah sesuatu yang saya syukuri, dan anaknya pun enjoy banget.  Setiap hari mau nya sekolah, baru balik sampai rumah sering kali udah minta sekolah lagi, bahkan kalo dijemput pulang sekolah juga sering ogah2an sambil bilang "I don't like go home..".  So far sih di kelas yang 4 tahun ini dia belom pernah bolos sekolah. Ini tergantung umi nya sebenernya sih. hihiii... Oiya, dan Hudzaifah paling gampang dibangunin kalo pagi ya kalo dibilang mau sekolah, semangat banget.. hehe..  Semoga besok balik ke Jogja semangat juga ya nak sekolahnya.. 😊


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...