Minggu, 17 Februari 2019

Aqiqah di Melbourne, Australia

Assalamu'alaikum..

Pagi tadi alhamdullillah kami baru saja melakukan aqiqah untuk anak kedua kami, Nusaibah Haidar. Ingin rasanya saya berbagi tentang aqiqah di tanah rantau Melbourne ini yang ternyata tidak semudah di Indonesia. Jadi awalnya kami berencana untuk mengadakan acaara aqiqah Nusaibah di Jogja saja agar lebih mudah, tapi ternyata bapak mertua menyarankan untuk mengadakan di Melbourne saja karena menurut bapak akan lebih afdol bila aqiqoh dilakukan di tempat bayi berada. 

Dari situ kami mula mencari info bagaimana ya kalau mau aqiqah di sini, pesan di mana kambing nya, katering nya gimana.. Saya dan suami mulai mencari-cari info dan menanyakan pada orang-orang Indonesia yang sudah lama tinggal di sini dan kebanyakan mereka tidak tahu karena kebanyakan mengaqiqahi anaknya di Indonesia. Pencarian info pun berlangsung sampai beberapa hari dan tak tahu siapa lagi yang mau ditanyai. 

Pengantin aqiqah of the day 

Sampai akhirnya suami mendapatkan info dari salah satu jamaah senior masjid Westall (salah satu dari tiga masjid Indonesia di Melbourne) bahwa ada teman beliau yang biasa handle katering aqiqah. Alhamdulillah, akhirnya kami pun langsung menghubungi beliau dan membuat janji untuk bertemu H-2 acara aqiqah. Brother ayyub namanya, seorang Muslim yang sangat ramah dan helpful asal Eritrea, sebuah negara kecil di Afrika yang berbatasan dengan Somalia. Beliau punya bisnis kafe di Springvale road, tidak jauh dari rumah kami. Namanya "Cafe Asmara", dan beliaupun tahu bahwa di bahasa Indonesia Asmara artinya "love" tapi nma itu adalah nama kota dari mana dia berasal. Kami pun akhirnya bertemu di sana untuk melakukan transaksi. 

Yang saya agak kaget, ternyata aqiqah di sini harganya hampir sama dengan di Indonesia, bahkan mungkin bisa lebih murah. $300 sudah untuk 1 kambing dan kateringnya. Kalau mau qurban kambing di Indo kadaang-kadang 3 juta baru dapat kambing hidupnya malah kan.. Ini sudah dapat 2 tray besar masakan kambing dan 3 tray besar nasi kabsa (semacam nasi biryani).

Nasi kabsa dan gulai kambing

Hari H pun tiba, untuk acara aqiqah ini kami nebeng di kajian rutin Minggu pagi nya komunitas muslim Indonesia yang memang biasanya diakhiri dengan sarapan pagi bersama. Alhamdulillah walaupun menunya menu timur tengah, alhamdulillah cocok di lidah kami (mungkin kecuali saya, karena saya gak doyan embek, hehe). 

Tim natain meja dan makanan


Tim ayam goreng


Tim bapak-bapak


Tim ibu-ibu 1

Tim ibu-ibu 2


Tim Haidar family

Alhamdulillah saya bersyukur sekali karena acara nya berjalan lancar. Katering yang datang tepat waktu, sesuai pesanan dan tidak ada masalah apapun, punya teman-teman yang baik banget di sini, yang bantuin bikin ayam goreng, yang bawa snack dan buah macam-macam, pokoknya saya cuma kebagian bikin sambel trasi buat ayam goreng aja, hehe. Alhamdulillah alhamdulillah Allah memudahkan acara aqiqah hari ini walaupun awalnya tampak sulit. Alhamdulillah... :)


5 komentar:

  1. MashaAllah... tabarokaulah... menginspirasi mba... sehat dan bahagia selalu...

    BalasHapus
  2. Barakallah..
    Semoga menjadi putri yabg shalihah, cepat besar,berbakti kpd orang tua dan bermanfaat untuk ummat.. Aamiin..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas infonya, bisa minta details untuk cafe Asmara untuk booking? Saya defang menunggu ke lahiran anak ke2 yg rencananya mau aqiqah di Melbourne.

    BalasHapus
  5. Assalamuallaikum mba Renifa, izin tanya mba apakah ada kontak yang bisa saya hubungi terkait kebutuhan Aqiqah tersebut? terima kasih mba

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...