Senin, 13 September 2010

Candi Sukuh-Ceto, the EROTIC temple,,

Di pelataran candi Ceto

Perjalanan kali ini berawal dari acara mudik lebaran ke kampung halaman ibu di Sragen, dan kebetulan acara kumpul trah pun dilaksanakan di rumah saudara yang ada di area perbukitan ke arah lereng gunung lawu. Pikir punya pikir,, saya ajaklah keluarga saya untuk sekalian wisata ke candi sukuh dan candi ceto, dua nama candi yang sudah sangat familiar ditelinga saya tetapi belum pernah saya kunjungi..

Jujur saja, saya sama sekali tidak tahu kalau kedua candi ini berada di lereng gunung lawu, jadi saya sama sekali tak menyangka kalau dalam perjalanan menuju kesana saya akan menemui pemandangan yang Subhanallah indahnya.. Mulai dari persawahan yang ijo royo-royo, hutan karet, kebun teh, hutan pinus, dan bahkan lanscape yang hampir mirip dengan gambar pemandangan saya saat TK dulu,, (ada gunungnya, lalu ada jalan yang membelah gunung itu, dan dibawahnya sawah-sawah rapi berjajar)






Pertama-tama saya dan keluarga menuju candi sukuh, Candi Sukuh jarak berada 20 km ke arah timur Kota Karanganyar. Tarif masuk pengunjung adalah Rp. 2.500,00 per orang. Satu - satunya candi yang erotik dan Unik di Indonesia, dan konon katanya hampir menyamai candi suku Maya yang ada di Guatemala, berbentuk limas terpotong yang merupakan gambaran keterbatasan ilmu manusia, dibangun pada abad 15.


Lalu setelah puas foto-foto disana, kami pun menuju ke Candi Ceto, hujan gerimis pun tak menjadi halangan,, Candi Ceto merupakan bangunan candi yang menyerupai pura-pura yang ada di Bali, masing-masing 910 dan 1400 meter diatas permukaan air laut dan berjarak 9 km ke arah utara Candi Sukuh. Sejumlah relief candi yang menghiasi adalah gambaran tentang kehidupan manusia, hidup dan mati. Diantaranya tentang Upacara Tradisional Ruwatan dan juga kehidupan seksual manusia. Untuk tarif masuk candi Ceto saya kurang tahu, tapi sepertinya dihitung per mobil dan loket tiket terletak jauh dari area candi.


Kedua candi ini berada tepat di sebelah barat lereng Gunung Lawu, dikelilingi oleh Hutan Pinus, sekaligus merupakan Gardu Pandang terhadap Pemandangan mempesona yang ada di lereng Gunung Lawu. Pokonya pemandangan dari kedua candi ini sangat indah,,
Strongly recommended to visit lah pokonya.. :D

Ini adalah foto-foto sebagian keindahan alam disana:
Pepohonan karet
Kebun teh yang luaaaaas banget,,
Liat seantero kota,, dan sinar matahari yang tidak merata,,
Dan ini beberapa arca dan relief di Candi Sukuh dan Ceto,, 

Di Candi Sukuh
Masih di Candi Sukuh
Gapura2 di Candi Ceto
Di Candi Ceto
Kalau yang ini adalah sebagian moment yang terabadikan,,

di bawah candi sukuh

Ada seorang ibu yang sedang memasang sesaji di Candi Ceto..

Ini di Candi Ceto..

Pemandangan indah dari Candi Sukuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...