Kamis, 22 Desember 2011

Seorang Jewish juga Manusia..

Tadi siang saya dan seorang teman melakukan religion trip lagi.. Kali ini tamunya couple dari US, tapi mereka tinggal di sebuah pulau kecil dekat Filipina, tapi saya lupa namanya, yang jelas mereka bilang kalau pulau itu adalah wilayah US yang di dapat dari memenangkan perang..

Ada peristiwa yang penting bagi saya ketika trip tadi siang.. Sebuah hal yang membuka pikiran saya..
Kebetulan saya boncengin tamu yang cowo, dan pasti kan ngobrol2 gitu di motor.. Pas saya nanya ko dia bisa tinggal di pulau itu? dia bilang kalo ternyata dia seorang US army.. Wow,, okay! Tapi so far dia gak pernah dikirim ke Irak or Palestina ko..

Lalu waktu di masjid dan bahas tentang islam, mas US army nya bilang kalo dia belajar bahasa Arab juga, dia belajarnya di Kairo, karena disana katanya dia Islam nya lebih terbuka dari pada negara2 di middle east, jadi lebih bisa menerima orang asing.. Dan ketika saya test bahasa Arab dia, ternyata emang oke punya.. lebih fasih dari saya yang uda pernah belajar bahasa Arab 3 tahun lamanya (walo cuma inget beberapa kata aja sekarang --")

Waktu bahas tentang syahadat, bahkan tu mas US army udah fasih... Dalam hati saya, gila ni bule.. Tau banget tentang islam..

Terus pas lagi di jalan lagi menuju ke tempat selanjutnya, dia tanya2 kenapa ko ga ada orang yahudi di Indonesia? Saya jawab deh, "kan tadi uda di bilangin kalo so far cuma ada 6 official religion di Indonesia.. yang lainnya bisa jadi illegal.."

Dia tanya lagi, "kalo orang Indonesia pandangannya ke orang Yahudi gmna sih?" Saya jawab, "Well.. gimana yaa... sebenernya kebanyakan (tapi gak semua) orang indonesia menganggap Yahudi itu lebih ke negative,, tapi menurut saya (maaf kalo ada yang ga suka), itu bukan karena 85,1 % of Indonesian are moslem ko.. Toh 85,1% Muslim itu kan di ID card,, in fact, ga semua bener2 practicing agamanya.. tapi lebih dikarenakan berita2 tentang politik yang kita lihat di tipi2,, kalo ISRAEL yang notabene adalah negara YAHUDI itu memerangi PALESTINE yang netabene negara ISLAM,, Hmm,, tapi toh saya juga gak pernah ketemu sama orang Yahudi ko.." 


Dan tahu kah si mas US army jawab apa? Dia jawab, "So now you meet the Jewish.. I'm Jewish.."


Wow, dalam hati saya, semoga ajaaaa tadi saya gak salah jawab, dan gak melukai hatinya.. dan in fact dia bilang kalo dia nyaman ketika cerita tentang background dia ke saya, karena dia jarang banget bilang ke orang laen kalo dia US army, dan kalo dia yahudi.. Means that jawaban saya cukup bisa dia terima.. :)

Terus sebagai penenang hati dia, saya bilang, "tapi di Al quran ditulisin ko kalo Islam sama Yahudi itu old brothers.." Dan dia bilang, "that's why I feel closer to Islam then to Christian." Padahal dia dibesarkan di lingkungan katolik..

Akhirnya pas mau pulang dia bilang, "sebenernya yang bikin orang jadi membenci agama lain itu karena politik.. Seperti hal nya Orang yahudi di benci karena tindakan Israel. kenapa harus ISRAEL = YAHUDI dan YAHUDI = ISRAEL? padahal kan ga selalu kaya gitu.." Dan saya nyela, "itu pula mungkin yang dirasakan orang2 Islam yang di generalisir sebagai teroris di negara2 barat.." Dia bilang lagi, "Nah, makanya, itu kan cuma karena politik.. Pdalah di Israel juga ada ko wilayah2 dimana Islam dan Yahudi hidup bersama.. Coba kalo agama tak di campuradukkan dengan politik, pasti dunia ini damai ya.." Saya jawab, "Exactly!"

Well,, saya jadi mikir, sebenernya emang kan kita ga bisa mengeneralisir orang berdasarkan agama atau negaranya.. Toh buktinya seorang US army yang dia juga seorang Yahudi tuh gak jahat ko.. Dia respect agama2 lain, dia respect banget ke Islam.. Jadi ga semua YAHUDI itu penjajah, dan of course ga semua ISLAM itu teroris.. :)

*sekedar berbagi, maaf kalo ada yang gak suka ya.. :)

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...