Selasa, 11 September 2012

Mengejar Matahari di Gunung Sikunir, Dieng

Heeey!!!
Tahu ga, kalo Indonesia punya spot sunrise yang katanya terbaik di Asia dan terbaik ketiga di dunia?

Ini nih, Gunung Sikunir namanya.. Mungkin memang tidak banyak orang tahu..
Gunung ini tingginya 2.350 mdpl dan terletak di dataran tinggi Dieng.. Kebetulan dua hari yang lalu saya dan temen-temen baru aja dari sana,, hihi....

Jadi jam 00 dini hari, kami berangkat dari Jogja, sengaja mau lihat the golden sunrise dari gunung Sikunir. Karena belum tahu medannya seperti apa, jadilah kami pake jasa guide dari info yang saya dapet di blog orang. Guide nya dari losmen Bu Jono, namanya mas Didik -085227389949- (Rp. 50.000). Tapi ternyata waktu udah sampe sana, sebenernya gak pakai guide juga gpp ko.. Karena akses jalannya cukup mudah. Memang di beberapa bagian saat hampir sampai di lereng gunung, jalanan cukup rusak, tapi mobil masih bisa lewat ko.. Dan tiket masuknya cukup murah, Rp. 4.000/ orang.

Waktu itu kami sedikit terlambat sebenernya, hampir jam 5.30an kami baru mulai tracking. Untuk naik sampai ke puncak perlu sekitar 20 menit, dan ternyata belum sampai di puncak,mentari udah naik dari gumpalan awan yang cukup tebel.. Nih..sang mentari jingga yang bulat baru aja muncul! :)

Jujur aja cukup ngos-ngosan tracking nya, secara udah diburu waktu.. Jadi sempet lari-lari segala.. Tapi tak lama sesudah  itu sampailah kami di puncak! Yeeeey!!!  Dan Subhanallah, memang indah bukan main ternyata.. Mungkin kalau awan tidak setebal ini akan lebih indah lagi, karena seharusnya gunung Merapi dan Merbabu juga terlihat di kejauhan, tapi tidak untuk pagi ini.. Dan dengan keadaan seperti ini pun, Gunung Sindoro yang menjulang itu tampak sangat cantik disinari sinar jingga mentari pagi.. Subhanallah, keren!!! Bohong kalau saat ini orang-orang  yang meyaksikan ini semua tidak berpikir akan Tuhan mereka..

Mentari pun semakin meninggi, dan sinarnya tak lagi jingga.. Tapi itu tak mengurangi niat saya buat narsis dunk ya.. :D

Hmm,, Senang sekali bisa sampai di sini juga, setelah perjalanan panjang yang tidak mudah, setelah cukup was-was karena kondisi jalan yang naik turun dan tertutup kabut.. Setelah terengah-engah menuju tempat ini.. Dan akhirnya, sampailah kami di sini, di puncak gunung Sikunir,  2350 mdpl.

"Selamat pagi Sindoro!"
Ucap saya dalam hati, melihat Sindoro yang sungguh cantik di seberang sana pagi itu.. :)

Ini kami yang masih kelelahan.. Dan duduk menikmati hangatnya sinar mentari pagi sambil memanjakan mata melihat ciptaan Tuhan yang terhampar di depan sana.. :)
*Yeeey! We made it, girls!

Dan setelah sekitar hampir satu jam di atas, kami memutuskan untuk turun.. Melewati jalan setapak yang di beberapa bagian cukup sempit dan terjal, dengan sudut kemiringan sampai 45 derajat.. Tapi jangan salah, pemandangannya oke punya looooh!

Selain di suguhi pemandangan Telaga Cebong, saat turun dari puncak Sikunir kami juga disuguhi pemandangn ladang di kanan kiri, serta bunga-bunga liar yang indah! Keren lah pokoknya..^^

Dan "the golden sunrise" pagi ini hanyalah sebuah awal, karena perjalanan kami masih akan berlanjut untuk mengeksplor Dieng Plateau ini! Tanah Kayangan ini.. :)