Jumat, 25 November 2016

PK-85, BHADRIKA SAGRAHA, Bergema, Bermakna Untuk Bangsa!

Hai semuaaa..., 

Beberapa hari yang lalu saya baru aja selesai PK nih, Udah ada semacam perasaan lega sih karena satu tahap sudah terlewati, tapi yaampun.. ternyata PK menyisakan baper yang luar biasa gaes.. Buat kalian yang belum PK dan takut PK, kalian itu salah.. PK itu menyenangkan sekali.. :)

Hmm,, bingung mau cerita dari mana.. Mungkin saya bakal lebih banyak ceritain berdasarkan apa yang saya rasain ya.. feeling-based writing ini, haha..
Kemarin kebetulan saya masuk ke PK 85 yang bernama Bhadrika Sagraha. Terdiri dari 126 awardee LPDP dari seluruh Indonesia, bener-bener dari Sabang sampai Merauke deh.. Dan PK yang totalnya 5 hari itu resminya dimulai dari hari Senin sampai Jumat tanggal 7 - 11 November 2016. Tapi peserta diharapkan sudah sampai di Wisma Hijau H-2 atau maksimal banget H-1 lah. Jadilah hari Sabtu sore saya sudah perjalanan ke Barat menuju ibu kota. dan Minggu dini hari saya sampai di Jakarta tapi langsung cus ke Depok.




Minggu Jam 5 pagi saya, Anis dan mba Lita baru sampai di Bangday, hotel tempat kami nginep sebelum besok pindahan ke Wisma Hijau. dan jam 6.30 nanti sudah harus sampai di Wisma Hijau untuk forum angkatan dan siap-siapin semua keperluan untuk besok di hari H. Jadilah hanya bisa siap-siap sebentar, dan saya gak kebagian waktu buat mandi karena udah telat, langsung cus ke Wisma hijau T.T

Di sana kita kumpul dengan kelompok, kenalan dan bikin yel yel. Setelah itu kumpul satu angkatan di aula buat tentuin ketua PK, dekor ruangan (ini yang makan waktu lama) dan dilanjutkan dengan GR buat persembahan besok. Itu pun sampai malem gaes.. jadilah saya harus balik ke hotel nge gojek pas istirahat maghrib buat mandi. Udah gak ketahan pengen mandi banget.. hehe.. Dan seperti biasa lah, hari pertama pasti menjadi hari yang cukup berat karena kita harus beradaptasi dengan banyak orang dari nol banget, dengan tempat baru pula dan dengan peraturan yang ada. Di hari ini timbul pemikiran dalam benak saya bahwa kayanya saya bakal biasa aja sama acara ini. Bakal seneng kalo ini cepet selesai..

Di hari Senin, Hari official pertama, Sekitar jam 7 kita harus sudah sampai di Wisma Hijau dengan sudah membawa semua barang bawaan kita. Dan acara pun sudah di mulai hari ini. Hari ini semua masih terasa tergopoh-gopoh.. kamar belum di bagi (dibagi di tengah hari sih akhirnya), belum kenal banyak orang, istirahat siang cuma 30 menit (makan dan solat - banyak banget makanan yang di buang karena gak habis uda keburu class call) dan huwaaaa.. adek lelah bang.. T.T

Hari kedua, ketiga, ke empat semua berjalan kira-kira dengan acara yang hampir sama.. Bangun pagi, class call jam 04.50 lanjut integrity sport (alias senam pagi), lanjut mandi, makan dan seminar sampai malam. Yang beda adalah jam istirahat makan siangnya 1 jam jadi gak makan sambil lari-larian lagi, haha..

Tiap hari kegiatan di mulai jam 5 pagi dan selesai sekitar jam 10 malam. Tapi itu belum berakhir. Tiap-tiap kelompok masih harus mengisi borang online dan offline tentang pemateri hari itu dan membuat resume semua sesi di hari itu. Biasanya kami selesai jam 12 atau jam 1 an lah..

Di hari terakhir ada acara closing. di PK kami, tim closing membuat acara closing dengan agenda utama pelayanan kesehatan gratis untuk petugas dinas kebersihan Depok. Jadi ada puluhan ibu-ibu penyapu jalanan yang diundang untuk diberikan layanan kesehatan gratis serta ada panggung hiburan, festival jajanan nusantara dan pembagian bingkisan juga..

Acara hari itu terbilang cukup lancar dan sukses walaupun di malam sebelumnya hampir semua dari kami hanya tidur 1-2 jam, bahkan ada yang tidak tidur mungkin untuk mempersiapkan acara closing ini. Salut untuk tim closing dan anggota Bhadrika Sagraha semuanya.. :) 

Ada banyak hal yang saya suka sekali dari PK ini.

Pertama, MC nya kocak banget nget nget! Ngefans berat pokoknya sama mas Heri dan mas Zen. Bikin mata yang uda bergelayutan jadi melek lagi kalo pas selesai sesi. Mereka cuma ngomong dikit aja bisa bikin ketawa ngakak sampe pengen guling-guling..


MC dari tim PK di game "Iniiii pisaaaaang!" dan yang berjajar di belakang itu adalah para calon korban :D

Kedua, Adanya dresscode yang bikin kita semua jadi equal.. Plus enak di lihat.. :)

Ketiga, Kelompok saya, Jalasveva Jayamahe adalah kelompok yang sebenernya biasa-biasa aja tapi hebatnya kami bisa menang di semua perlombaan.. Hahaa.. Jalasveva Jayamaheeeee! Aman! Aman! Aman! Joss! hahaahaa..


Jalasveva Jayamahe yang selalu kelewat jumawa :D

Keempat, saya suka dengan pembicara-pembicara yang didatangkan. Tokoh-tokoh nasional yang di datangkan di PK 85 adalah para unsung hero (sesuai tema kami) dan mereka bener-bener menginspirasi dengan apa yang udah mereka lakukan untuk Indonesia.. Salut!

Kelima, ada skill baru yang di dapatkan semua peserta PK selama 5 hari ini, yaitu TIDUR sambil MELEK! Ini serius... Secara yaa.. Dengan jam tidur kita yang hanya 2-4 jam di malemnya tapi paginya seharian kami harus dengerin seminar sedangkan 1 pembicara ada yang bisa sampe 4-5 jam.. Itu sama sekali bukan hal mudah ya sodara-sodara.. Kopiko uda langsung ludes di sesi 1 dan itu pun gak ngefek.. hehe. Paling bisa ke cas lagi kalo MC habis muncul. Dan saya selalu perhatiin semua orang ternyata hampir semua sama. Mereka bener-bener menahan kantuk dan berusaha melek. Dan karena ketiduran adalah pelanggaran maka banyak yang mata masih setengah melek tapi pandangannya udah kosong, Alias dia tidur sambil melek. hehe..

Intinya saya senang sekali pernah berada di program ini. Sangat berarti, menambah pengalaman dan keluarga baru.

Oiya, satu lagi, prediksi awal saya salah. Ternyata waktu PK selesai saya sedih.. T.T
Selama di perjalanan di kereta cuma bisa puterin lagi-lagu soundtrack PK, haha... Kaya mars LPDP, Lagu angkatan, Lagu-lagu yang biasa dipake buat integrity sport, dll.. Liatin video dan foto anak-anak yang baru sehari pisah udah kopdar aja.. haha baper parah  lah..

Terimakasih hey warga Bhardika Sagraha yang semuanya tetap membumi walau prestasi kalian selangit. Saya benar-benar merasa seperti debu diantara kalian dan itu mengingatkan saya untuk tetap selau rendah hati dan terus ingat bahwa di atas langit masih ada langit.

Terimakasih Teman-teman Pk 85, Bhadrika Sagraha!

Terimakasih Tim PK!

Terimakasih LPDP!




Reni Fatmasari         

PK 85 - Bhadrika Sagraha


========================================================


Foto-foto keasikan PK 85 - Bhadrika Sagraha

Day 0 - Persiapan


Latihan lagu angkatan dan GR buat persembahan besok.. 

Day 1 


Sesi "PIC PK Menyapa" bersama PK (Pak Kamil) ^.^ 


Foto dengan direksi LPDP Paska Permbukaan dan Persembahan

Day 2


Setiap pagi selalu diawali dengan integrity sport yang seru banget dan lagunya bikin baper pas PK selesai T.T


Joged dua dua ^.^

Day 3


Panahan di hujan nan syahdu


"Gajaaaaah? Keciiiiiil! Semuuuuuut? Bessaaaar!"

Day 4


Siap memulai hari dengan dresscode batik! *masih fresh semua*


5 jam bermain permainan tradisional dengan kang Zaini, Komunitas Hong

Day 5 - Closing


Maskot Badrika Sagraha ~ "si Bara"


Joget bareng ibu-ibu penyapu jalanan - unsung heros nya kota depok- sebelum nantinya mereka mendapat layanan kesehatan gratis dari dokter-dokter PK 85 



2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...