Sabtu, 12 Maret 2011

Pulau Kemaro yang Melegenda



Hmm,, pagi itu.. tepat jam 7 pagi saya sudah bersiap keluar rumah untuk menuju ke sungai Musi. Ke kolong jembatan Ampera lebih tepatnya.. Karena memang ada satu keinginan yang belum terlaksana, mengunjungi Pulau Kemaro yang terkenal di kalangan kaum Tiong Hoa itu.. 

Akses untuk menuju pulau Kemaro sangat mudah. Langsung saja menuju ke semacam dermaga kecil di kolong Ampera, akan ada banyak perahu mesin kecil yang siap mengantar. Kalo gak salah sih ada dua macam, kalo orang-orang disana menyebutnya speed boat dan gethek.. Speed boat itu nanti lebih cepat sampai, tapi pagi itu saya lebih memilih gethek saja untuk lebih menikmati kehidupan pagi di Musi.. Awalnya kami di beri tarif RP. 250.000 untuk PP ke Pulau yang melegenda itu, Wowowowoww... Calo nya serakah amat sih... Tapi akhirnya setelah kami mendatangi sang pemilik gethek langsung, kami mendapatkan harga Rp. 60.000 saja untuk PP. Uhuuuuy,,, jadi lah kami berangkat.. 

Setelah menempuh 40 menit perjalan di atas air, sampailah kami di pulau Kemaro.. Tapi jujur saja, 40 menit itu tidak terasa lama, kawan.. Kenapa? Karena ada banyak hal dapat kita saksikan,, Kehidupan pagi di sungai Musi.. dan kedua mata ini seolah tak mau melepas pandangan ke arah bantaran Musi, walau untuk sekedar membalas sms atau sekedar update status di Fb "Woooe,, aku di sungai Musi.." hehe.. dan jujur aja kalo saya sih udah update status sebelum naik di atas perahu.. ;)

OTW ke pulau kemaro..

Objek Wisata Pulau Kemaro
Pulau Kemaro dari kejauhan

Awalnya saya tak tahu menahu tentang legenda pulau ini, bahkan saya tidak tahu kalau pulau ini memiliki sebuah legenda.. Tapi setelah membaca kisah di prasasti ini saya baru tahu bahwa pulau ini dianggap suci dan keramat oleh kalangan kaum Tiong Hoa.. Dan saya dengar, kemarin pada saat perayaan Cap go meh, pulau ini dibanjiri para kaum Tiong Hoa untuk berziarah.. Bahkan akses nya pun gratis.. 


Hmm,, setelah sampai di pulau ini, saya sedikit terkejut, karena manusia yang ada di pulau itu hanyalah saya, ibu saya, dan bapak yang ngaterin kami pake perahunya.. dan langsunglah saya dan ibu menuju obyek utama, pagoda sembilan tingkat yang terkenal itu,, lagi-lagi saya terkejut ternyata pagoda itu ada penunggunya, tapi bukan manusia.. melainkan 4 ekor anjing. Anehnya, salah satu dari anjing itu mengikuti kami kemanapun kami melangkah.. tapi dia sama sekali tidak mengeluarkan suara. kalo pas kami foto-foto, dia cuma diam, duduk, atau tiduran guling-guling.. kalo kami jalan lagi dia juga ikut jalan di belakang kami.. hmm,,, jadi rasanya tanggung banget, agak-agak takut tapi malah lucu juga, kaya kucing gitu..

Reni, pagoda 9 tingkat, dan anjing penjaga.. :)
Hayooo patungnya ada berafah?
Sudah mirip?
Hmm,, panda nya lucu.. gak kalah sama saya yang unyu2.. :D
Saya yang sudah mati gaya..

Hmm,, setelah puas foto-foto di sana,, kami langsung deh ambil langkah seribu karena udah ga nyaman juga cuma berdua di Pulau yang segede itu.. bersama anjing-anjing lagi,, akhirnya kami langsung menuju perahu, dan tentunya masih dengan di buntuti seorang anjing baik.. langsung deh kita capcus ke dermaga kolong Ampera lagi.. :)

Ini si anjing yang buntutin jagai kita disana.. Dia nganter sampe kita naik perahu lagi dan ninggalin pulau ini..

Menuju Ampera..

Bubye Pulau Kemaro, kalau jodoh pasti bertemu lagi suatu hari nanti.. :)

1 komentar:

  1. kenapa tidak satu ketek rame-rame aja neng biar murah kan bisa bayar 10-15 rebu perorang kalo rame-rame :D eh tapi kok kamu ke sana pagi pagi neng? enakan sore pulau kemaro rame kalo sore.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...