Sabtu, 12 Mei 2012

Tasik - Ciamis # 1 KAMPUNG NAGA

Haloooo semuanyaaaaa! ^^

Hmm,, Akhirnya nih tulisan perdana versi trip Tasik-Ciamis terposting juga.. Soalnya dari kemaren-kemaren tuh gak sempet mulu mau nulisnya, padahal perjalannya seru loooh...

Jadi ini sebenernya sebuah 'Trip Ganti Rugi',, hahahaa.. karena sebenernya saya sama 4 orang teman lainnya sudah berencana sejak sebulan lalu untuk mengunjungi suku Baduy di Banten, tiket kereta PP untuk 5 orang pun sudah dibeli sejak H-7, tapi kayanya memang belom jodoh sama suku Baduy karena 3 teman tiba-tiba cancel di H-1.. Haha,, langsung deh ada si Mia yang kebetulan mau pulang kampung ke Tasik nawarin saya sama Rika -2 orang orang yang tersisa- untuk ikut ma dia dan mengeksplor Tasik..  Oke ajaaa! Langsung deh tancap ke stasiun Lempuyangan buat return Tiket PP kereta Bengawan jurusan  Lempuyangan-Tanahabang dan beli tiket kereta Pasundan jurusan Lempuyangan-Tasikmalaya untuk 3 orang (@ Rp 35.000). Asik-asiiik! Pulang - Packing - Tidur - Bangun - Berangkaaaaaaat!!! :D

Hari itu tanggal 2 Mei 2012, kereta Pasundan membawa kami menyusuri hampir setengah pulau Jawa. Ngomong-ngomong ya, ada yang spesial loh di kereta Pasundan kalo siang.. PECEL!!! hahaha... Kita bertiga nih sampe beli pecel 3 kali (@ Rp 4.000)... hahaha...

Pecelnya maknyus!
Setelah sekitar 6 jam perjalanan, akhirnya kereta Pasundan yang kami naiki berlabuh juga di stasiun Tasikmalaya.. Sampe sana kami di jemput sama tante si teteh mia dan dibolehin numpang di rumahnya.. *trimakasih tanteee :D*

Pagi nya kami menuju ke destinasi pertama, Kampung Naga! Kami jalan dikit dari rumah tantenya mia yang ada di deket stasiun dan naek angkot nomor 4 menuju by pass (Rp. 2000). Akses ke Kampung Naga cukup mudah karena memang letaknya yang di pinggir jalan utama Tasik-Garut. Dari by pass kami ambil minibus jurusan Tasik-Garut dan tinggal bilang aja sama sopirnya kalo mau turun di Kampung Naga, hhehe.. dan btw karena kami tampak sangat seperti turis kami dapet harga double deh.. Rp. 15.000 an, padahal kata seorang penumpang lain tarif normalnya hanya Rp. 8.000, huhuuu --"

DI mini bus Tasik-Garut
Jarak dari Tasik ke Kampung Naga sekitar 30 km dengan jalanan ala pengunungan yang belok-belok yang kalau ditempuh secara normal sekitar 1 jam lah.. Tapi kemarin kami sampe hampir 2 jam karena bus nya berhentiiiiii mulu.. maklum lah, cari penumpang, hehe.. Walaupun lama di perjalanan dan sempat ketiduran cukup lama, saya sempat menikmati jalanan yang kami lewati karena pemandangan Gunung Galunggung yang bagus banget!

Gunung Galunggung difoto dari bus..
Pengen banget sampe ke gunung itu juga,, tapi apalah daya waktunya terbatas dan aksesnya sulit.. :(
Tak lama setelah itu pak sopir bilang "Kampung Naga neng.." Hehe,,, senangnya sampai juga kami di Kampung Naga. Langsung deh kami turun dari mini bus itu dan nyebrang jalan... Udaranya seger looh.. Dingin-dingin gimana gituuu... Di sana kami disambut oleh sebuah gapura besar untuk memasuki kompleks kampung naga.. Jalan sedikit  dan sampailah kami di Tugu Kujang Kampung Naga. Langsung deh sindrom "satu batu sepuluh pose" nya pada kumat.. hahaha...

Tugu Kujang Pusaka di Kampung Naga
Setelah itu ternyata perjalnan masih cukup panjang... Kami harus menuruni anak tangga yang konon katanya jumlahnya 600an anak tangga, hehe maklumlah saya gak ngitung.. :) Pas turun ini sih enak-enak aja, adem.. masih pagi.. gak capek laaah, hanya cukup membuat kaki gemetaran.. Tapi selama menuruni tangga itupun pemandangannya sudah indah banget loh.. Persawahan luas udah tampak mengemas dan indaaaah bangeet!

Setengah perjalanan menuruni anak tangga

Dan dari kejauhan akhirnya kampung naga yang unik itu pun tampak.. Tampak bersusun rapi di tanah yang berundak, dengan atap mereka yang sangat unik dan tampak begitu tradisional itu.. Hmm,, kampung adat ini cantik sekaliii... jadi pengen cepet-cepet lari kesana rasanya... ^^

Kampung Naga dari kejauhan
Lalu kali lanjutkan lagi menuruni anak tangga satu demi satu dan setelah habis anak tangga, kami disuguhi oleh hamparan sawah yang sangat cantik, dan tak lain tak bukan, tentu saja sesi  foto pun lagi-lagi terjadi disini.. haha..

Rika pose di sawah
Mia pose di sawah
Ketan hitam :)

Dan berjalan sekitar 200 meter sampailah kami di kampung naga itu.. Hmm.. Rupanya di kampung ini tidak terlalu sakral lagi.. Banyak pedagang asongan berjualan makanan di dalamnya (karena waktu itu ada rombongan siswa sekolah study tour di sana), dan bahkan rumah-rumah di kampung naga juga sepertinya memiliki TV dan alat elektronik lain karena saya melihat ada antena dan kabel-kabel disana.. Tapi setidaknya warga disini berhasil mempertahankan bentuk rumah adat mereka :)

Atapnya cantik!

Lalu kami berjalan-jalan menaiki tanjakan-tanjakan kecil di balik rumah-rumah adat itu.. Untuk melihat lebih jelas apa yang saja yang ada di area kampung naga ini..

Pose dulu pas naik tanjakan..

Tidak banyak hal yang dapat kami lihat disitu.. Perkampungan adat ini terlihat sangat sepi, mungkin warga kampung ini sedang pergi bekerja di kota.. dan mungkin anak-anak kampung ini sedang pergi sekolah.. Namun begitu ada beberapa aktifitas warga yang terekam kamera saya.. Dan asal tau saja ya, warga kampung ini sebagian besar hanya bisa berbahasa Sunda, sehingga saya pun jadi harus belajar bahasa sunda.. At last waktu saya mau minta foto saya bisa bilang "Punten.." dan setelahnya saya bisa bilang "Nuhun.." hahaa... itu sesuatu banget loooh... Untung aja gak ditanya aneh-aneh pake bahasa Sunda, ga bakal bisa jawab.. :D

Ibu-ibu lagi numbuk padi
Bikin ketupat

Kami juga nemu ini nih.. Kamar mandi ala kampung naga... Jadi beberapa kali liat ada kampung naga lagi pup, tapi kan gak difotoin, jadi nih foto saya aja yaaa.. hihiii.. dan tau gak sih,, airnya itu adeeeeeem bangeet! Segeeer geelaaaak! ;)

Brrrrrrr!

Hmm,, setelah itu kami menuruni kampung naga dan melanjutkan perjalanan.. Hmm,, lagi-lagi kami melewati area persawahan tadi,, indahnyaaa... suka banget sama atmosfernya yang rindang dan berangin.. :D

Duo Narsis ^^

Setelah befoto-foto untuk mengikuti naluri "satu batu sepuluh pose", kami lagi-lagi melanjutkan perjalanan..

Berjalan pulang
Dan setelah itu kami menaiki anak-anak tangga yang tinggi itu lagi.. Tadi memang ketika datang semua tamak mudah,, tapi ternyata ketika mau pulang, rasanya wow sekali.. Maklum, kami kan cewe-cewe lemah, jadi ngos-ngosan banget rasanya menaiki anak tangga itu... huhuu...
Tanjakannya wow banget!
Untung aja di tengah2 nya ada warung,, hmm jadi bisa istirahat bentar n beli minuman dingin.. Yasudah, setelah sampai atas, kami sampaikan selamat tinggal sama kampung naga deh...
Sampai jumpa Kampung Naga!
Bye kampung naga.. Sampai jumpa lagi... Kalau jodoh pasti saya akan datang lagi... :)