Sabtu, 20 November 2010

Visit Musi & Ampera

Saya dan Ampera
Hmmm,,,  berhubung saya sedang Rindu setengah mati sama melancong, skrg saya mo nostalgia aja ya ma perjalanan 10 hari bolos kuliah yg pernah saya lakuin demi menjamah  Palembang untuk Pertama Kalinya, yang sebenarnya ini melanjutkan perjalanan dari kumpul keluarga di Lampung, hehe..

Berawal dari perjalan hampir 10 jam Metro-Palembang by car, jujur aja banyak banget hal2 menarik yang saya temui. Misalnya ni yah.. Satu, Saya nglewatin sebuah perkampungan Bali yang bikin saya bener-bener berasa di Bali gitu, Pura ada dimana2,, Dua, ada juga perkampungan yang rumahnya kecil2, dari kayu semua, tapi tiap rumah punya parabola.. Hehe, murah kali ya parabola disana.. Dan mungkin kalo ga pake parabola penduduknya bakal ga dapet sinya tipi.. ^__^
Tiga,  ada juga perkampungan yang ada di atas rawa, jadi kaya rumah2 terapung gitu.. Banyak pula.. Tapi kata sodara saya emang waktu itu lagi musim banjir disana, jadi keliatan rawanya sangat berair.. Empat, Selain itu ada juga perkampungan yang bener2 sumatra banget, rumahnya samaaaaaa semua, rumah panggung gitu.. warna warni lagi,.. hehe, seneng liatnya pokoknya.. Lima, yang kalah unik, ada juga penampakan home industry kemplang yang selalu terlihat di beberapa kawasan.. Dan yang terakhir, enam, batu bata disana bentuknya lucu loh, bolong2 gitu.. Nih foto2nya...

Rumah kecil dari kayu dan berparabola, ada banyaaaaaak banget..
Rumah panggung..
Perkampungan di atas rawa
Kemplang mentah gi di jemur - bukan mau iklan Helmi Yahya loh,, hehe..
Batu batanya bolong2.. 
Naaaah.. itu baru perjalanan menuju Palembang loh, belum sampe palembang.. Terus waktu sampe di palembang saya langsung diajak makan pempek asli sana.. hmmm,,,, emang beda sih.. Dan jujur aja saya di Palembang cuma 3 hari 3 malem aja.. Dan saya ke Ampera tiap hari loh, karena emang itu yang menjadi obyek andalan di sana.. Tapi emang keren sih, apalagi kalo malem,, huaaaaaa... kangeeeeeen..T.T

Di kawasan dekat Ampera tuh ada beberapa tempat yang bisa di kunjungi, Ada Benteng Kuto Besak yang keren banget kalo pas malem, ada Museum Sultan Mahmud Baharudin II, Ada Masjid Agung, atau bisa juga cuma sekedar duduk2 di pinggir sungai Musi yang segede gaban itu.. Karena banyak warung apung di sana.. Seru pokoknya...

My Family ^__^
Benteng Kuto Besak
Warung kopi apung, totuit.. :)
Jadi, malem pertama dan ke dua saya di ajak ke ampera terus - tapi yang malem pertama fotonya sengaja ga  di pajang,, muka2 habis perjalanan panjang,, jijik bgt pokoknya (sadar diri, red) - entah kenapa suasana disana menurut saya rada mirip2 gitu sama suasana Malioboro.. Lampu2 nya yang kuning2 gitu, banyak orang, ada bentengnya - kan kalo di Malioboro ada Vredeburg- tapi yang jelas di Malioboror ga ada sungai musi yang ada kapal2 ngapungnya.. Yang ada juga sungai Code yang  ada sampah2 ngapungnya.. hehe.. Pokonya mirip deh.. Hommy gitu rasanya.. Dan setelah 2 kali menikmati Ampera di malam hari, akhirnya besok paginya di ajak ke Ampera lagi, Akhirnyaaaaaaa bisa juga liat bentuk asli ampera tanpa lampu2 gitu.. Dan banyak juga hal baru yang cuma keliatan kalo siang.. (bukan mistis ya,, cuma kan kalo malem gelap..)

Halo Ampera di siang hari! 
Jadi sebenernya ini saya bukan mau ke Ampera, tapi karena habis jemput temen di bandar, yang juga dari Jogja, dan kbetulan pas uda waktu sholat Jumat, mampirlah kita di Masjid Agung yang lagi2 parkirnya di  samping sungai Musi.. Waktu nunggu orang2 gi Jumatan, saya sama tante saya jalan2 deh liat sungai Musi lagi lagi dan lagi,,,  Terus bis itu saya nemu fenomena unik, ternyata disana pempek juga di nikmati kaya gorengan biasa gitu.. ya ampuuuuun... Ini, liat deh..

Pempek dimakan gitu aja.. (Modelnya orang tak dikenal)
Kalo ini Bank dan Puskesmas yang juga terapung..
Kita juga sempet beli rujak bebeg loh.. 
Dan setelah orang2 pada selesai Jumatan kita maen ke Museum Sultan Mahmud Baharudin IIyang juga cuma di area itu.. Isinya tentang budaya palembang banget. Kaya kain adat, alat2 masak, pelaminan, bahkan tatanan kamar pengantin juga ada.. Boleh ditiru loh.. hehe..

Ini ni museum nya..
Daaaaaaaaaaaaaaan... lagi lagi dan lagi malemnya saya ke Ampera lagi.. hahahaaaaaa... ga pernah bosen deh....
Ampera yang selalu di hati.. 

Jadi Intinya Ke Palembang itu ga afdol kalo ga ke Ampera, baik malem atoupun siang, karena kita memang akan lihat pemandangan yang jauh berbeda.. Strongly recommended pokonya.. Silakan mencoba ^.^

Palembang, saya akan datang lagi untukmu.. Suatu hari nanti.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...